Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif

Menjadi mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang memiliki kemampuan multitasking, kreatif, inovatif, dan mampu mengoptimalkan teknologi untuk menyelesaikan tugas-tugas akademiknya. Mereka tidak hanya fokus pada kegiatan kuliah dan mengambil mata kuliah yang diperlukan, tetapi juga aktif dalam organisasi, kegiatan sosial, dan berbagai kegiatan lainnya yang dapat mengembangkan diri dan meningkatkan keterampilan mereka. Selain itu, mahasiswa produktif zaman now juga mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Mereka adalah mahasiswa yang tidak hanya menjadi konsumen informasi, tetapi juga menjadi produsen informasi dan penggerak perubahan.



Mahasiswa adalah agent of change atau agen perubahan karena mereka memiliki potensi untuk memperbaiki dan mengubah kondisi sosial, politik, dan ekonomi di masyarakat. Sebagai generasi muda yang penuh dengan semangat dan keinginan untuk berkontribusi, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mempengaruhi kebijakan publik melalui berbagai cara seperti aksi sosial, penyuluhan, kampanye, memotivasi dan kegiatan lainnya.

Mahasiswa juga memiliki akses ke pengetahuan dan sumber daya yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Mereka dapat mengembangkan dan menerapkan solusi kreatif untuk mengatasi masalah sosial, lingkungan, dan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat.

Selain itu, mahasiswa juga dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal sikap, perilaku, dan nilai-nilai positif. Menjadi contoh yang baik, mahasiswa dapat memengaruhi masyarakat dan membantu dalam membentuk budaya yang lebih baik dan positif.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan yang sangat penting dalam mewujudkan perubahan positif di masyarakat.

Beberapa nasihat inspiratif dari Bapak Andrew Nugraha (salah satu Motivator Indonesia) bahwa:

“1. Jadilah Orang yang terus-menerus belajar, 2. Selalulah mampu berkomunikasi dengan baik, 3. Pintar-pintarlah membagi waktu, 4. Lakukan segala sesuatu dengan gembira, 5. Selalulah melakukan yang terbaik, 6. Sukalah berbagi dengan orang lain.”

Hikmah yang bisa dipetik

Pertama, Selalu Belajar

Siapapun ia apapun pekerjaan yang diemban, jabatan yang diduduki, gelar yang dimiliki harus selalu belajar untuk meng-upgrade diri menjadi lebih baik, belajar dan terus belajar. Jangan pernah berhenti jika sudah meraih sesuatu, jangan pernah puas ketika berada dipuncak pencapaian, karena terlalu cepat puas akan membuat anda semakin terlena dan santai. Teruslah belajar dan terus bertumbuh, temukan kesuksesan yang lain dalam pencapaian sukses yang telah anda raih. Pesan Nabi Muhammad saw. Belajarlah hingga ke liang lahat.

Kedua, Berkomunikasi dengan Baik

Sang Sukses Sejati Rasulullah Muhammad saw. pernah berkata “berbicaralah kepada orang lain sesuai dengan kadar kemampuan akalnya”. Sebagai makhluk komunikator anda harus mampu memahami sahabat bicara anda, karena dengan memahami, membuatnya senang dan ia pasti puas ketika berbagi pengalaman dengan anda. Setelah memahami sahabat bicara anda, lanjut pada pengamatan yang serius sehingga apa target yang anda ingin ditercapai. 70% komunikasi itu berhasil karena bagaimana cara menyampaikan dengan tepat. Dari itu, Jadilah pendengar dan pembicara yang baik.

Ketiga, Pintar-pintarlah Membagi Waktu

Menejemen waktu adalah peluang sukses dengan cepat dan tepat. Semua manusia diberikan waktu 24 jam dalam sehari. Ada yang menyesal karena tidak mampu mengevesienkannya dengan baik, ada juga yang sangat sukses nan bahagia. Jika ingin sukses, harus pintar-pintar memanajemen waktu kerja, waktu belajar/pendidikan waktu istirahat, waktu berbagi. Jangan melalui hari tanpa ada perancangan dengan matang karena bisa saja berujung sia-sia. Orang kantor, pelajar, pengajar, ibu rumah tangga, dan apapun itu, jika ingin lebih teratur harus mengatur waktunya dengan baik. Dr. Hj. Salma Said, Ph.D pernah berkata: Tulislah apa yang ingin Anda lakukan di pagi hari dan mengevaluasinya pada malam hari.

Keempat, Lakukanlah dengan Gembira

Mengeluh, merasa terbebani adalah faktor penghambat untuk menjadi lebih baik dan lebih sukses. Pekerja yang baik adalah pekerja yang merasa nyaman melakukan pekerjaanya, pelajar yang sukses adalah pelejar yang menikmati pelajarannya, pengajar yang luarbiasa adalah pelajar yang nyaman mentransfer pengetahuan dan pengalaman baiknya. Jadi jadilah penikmat terhadap apa yang anda kerjakan, profesi ataukah bukan profesi.

Kelima, Selalulah menjadi Terbaik

Menjadi terbaik adalah impian semua orang dari sisi mana mereka ingin terbaik. Pelajar pasti sangat puas ketika rangkingnya paling diatas, nilainya paling tinggi, pekerja pasti sangat gembira jika naik pangkat dan mendapatkan penghargaan terhadap apa yang ia kerjakan, pengajar akan sangat bangga jika ada persera didiknya yang berhasi atas didikan terbaiknya. Namun menjadi terbaik jangan melupakan cara yang santun, kata yang sopan dan gerak-garik yang bermoral. Teruslah meningkat pada level terbaik dan meningkat, pijaki dengan makssimal, evaluasi dengan baik, lalu analisa dengan baik.

Keenam, Sukalah Berbagi dengan orang lain

Dunia ini bukan milik anda seorang, karena dunia ini adalah milik bersama, jika ada sahabat yang butuh uluran tangan anda, janganlah merasa berat untu membantunya, minimal memberikan ia spirit, motivasi dan jalan terbaik untuk menjadi lebih baik. Pesan dari Dr. H. Aan Farhani, Lc. M. Ag. bahwa orang yang berhasil adalah orang yang berhasil membuat orang lain berhasil. Seiring dengan motivasi ayahanda Dr. Abdul Gaffar, S. Th. I., M. Th. I, bahwa orang yang sukses adalah orang yang membuat orang lain sukses. Jadi berbagilah kesuksesan, berbagilah keberhasilan walau itu berawal semangat dan konsep.

Banyaklah membaca kisah-kisah sukses para pendahulu, agar kita bisa mengikuti jejak sukses mereka. Muhammad Asriady sang Motivator dalam sepercik inspirasi untuk nurani.

Ayo mahasiswa hebat, teruslah membaca berbagai tips menjadi mahasiswa produktif lainnya dan istikamah menjadi generasi terbaik di zaman Anda. 

Posting Komentar untuk " Tips Menjadi Mahasiswa Produktif"